Tanda Tangan Bisa Menentukan Pribadi Seseorang


Ilustrasi tanda tangan
Semua orang pasti mempunyai tanda tangan. Tanda tangan biasanya dimiliki seseorang sejak di bangku SD. Tanda tangan seseorang pasti beragam dan semuanya memiliki makna dibalik semua itu. Sama seperti tulisan, semua tulisan pun berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Semua tanda tangan dan tulisan akan mempunyai fasenya sendiri berdasarkan umur. Jangan salah, tidak hanya perkembangan fisik saja yang akan berubah pada seseorang, tetapi tulisan bahkan tanda tangan pun berubah.
Biasanya, tanda tangan seseorang diawali dengan bentuk yang lucu-lucu. Zaman SD yang memang masih ada di zona polos dan apa adanya belum terlalu memikirkan hal-hal yang berbau tanda tangan. Mereka biasanya hanya membuat tanda tangan yang asal jika ada hal-hal yang harus ditanda tangani seperti mengisi absen ujian ataupun mengisi untuk keperluan ijaza dan STT.
Tanda tangan anak-anak SD biasanya ada yang berhiaskan bintang di sela-selanya, ada juga yang berhiaskan emoticon senyum, juga ada yang berhiaskan gambar-gambar unik yang hanya mereka yang tahu artinya.
Keberagaman tanda tangan juga akan berubah seiring perubahan fase kehidupan.
Ketika kita dewasa, tanda tangan pun ikut berubah. Yang misalnya dulu berhiaskan bintang atau emotikon senyum, sekarang tanda tangan itu berubah seperti tanda tangan orang terkenal atau tanda tangan dokter. Biasanya, ketika kita sudah beranjak dewasa tanda tangan bisa berdasarkan inisial huruf depan ataupun nama depan seseorang. Tulisan pun biasanya akan berubah. Bagi perempuan, tulisan biasanya akan semakin rapi. Tetapi, bagi laki-laki bisa saja tulisan itu tidak berubah.

Arti Tanda Tangan

Dari segala bentuk dan ciri seseorang, tanda tangan juga bisa menentukan sebuah karakter dan kepribadian mereka. Selain karakter dan kepribadian, menurut para peramal bahwa tanda tangan seseorang juga bisa menjadi menunjukkan sebuah harapan. Walapun begitu, bagi sebagian orang tanda tangan pun bisa mengartikan sebuah ego juga perjalanan hidup seseorang.
Menurut para psikolog, bahwa tanda tangan hanya berarti sebuah segel yang mempunyai cerminan hukum. Beberapa arti dari tanda tangan yaitu:
  • Tanda tangan putus-putus dan melingkar
    Tanda tangan ini mempunyai arti hidup yang tersendat-sendat karena tidak merencanakan sesuatu dengan matang. Untuk sebuah tanda tangan yang melingkar menandakan orang yang sering mengeluh dan selalu memilirkan hal yang susah ketimbang yang senang.
  • Tanda tangan kecil
    Orang yang mempunyai tanda tangan ini terbilang memiliki dan menyimpan banyak rahasia. Orang-orang yang berteman dan berhubungan dengan orang yang mempunyai tanda tangan kecil biasanya semua masalahnya sulit diselesaikan.
  • Tanda tangan dengan hiasan-hiasan dan dekorasi
    Jika seseorang memiliki tanda tangan dan dibubuhi hiasan-hiasan atau ornamen di sela tanda tangan, maka hidup orang itu memang sedang dimata-matai dan mempunyai gangguan dari luar. Orang yang mempunyai tanda tangan dengan hiasan juga biasanya pintar berbohong.
    Berbeda dengan orang yang mempunyai tanda tangan dengan hiasan, tanda tangan orang yang didekorasi dengan emotikon senyum atau lainnya mempunyai arti orang yang merasa tak diperhatikan, dihargai dan diistimewakan.
    Berarti, orang yang mempunyai tanda tangan seperti itu ingin mencari perhatian dengan keribetannya dalam hal tanda tangan.Orang yang mempunyai dekorasi-dekorasi berlebihan dari tanda tangannya dan cenderung agresif seperti ingin membatalkan tanda tangannya juga mempunyai kepribadian yang tidak sabaran dan sering frustasi.
    Orang ini juga banyak peramal yang mengartikan sebagai orang yang mempunyai kelainan seksual dan dipenuhi dengan keragu-raguan. Jika dekorasinya terdapat di sekeliling nama berarti orang ini mempunyai sifat yang menutup diri atau membela diri.
  • Tanda tangan dengan garis di bawahnya
    Orang yang mempunyai tanda tangan dengan garis di bawahnya ini akan mempunyai hidup yang selalu bergantung pada orang lain. Garis dalam tanda tangan sebaiknya tidak terlalu menempel sekali.
    Ujung tanda tangan seharusnya bisa lepas. Jika ujung tanda tangan bergerak ke bawah orang ini akan merasakan sakit-sakitan di hari tua. Jika ujung tanda tangan ikut membentuk kait berarti bahwa orang itu akan dililit hutang terus.
    Wah, jika seperti itu, tanda tangan seperti apa yang akan kita pakai?Jika tanda tangan itu mempunyai 1 garis di bawahnya, orang yang memilikinya mempunyai kepribadian dengan keyakinan yang tinggi dan personalisasi yang baik. Walaupun baik, orang yang mempunyai garis 1 di bawah tanda tangan ini adalah orang yang pelit tetapi percaya pada kebahagiaan.
  • Tanda tangan dengan unsur titik di bawahnya
    Orang yang mempunyai 1 titik di bawah tanda tangannya adalh orang yang memang konsisten. Untuk orang yang mempunyai 2 titik di bawah tanda tangannya adalah orang yang romantis tetapi sering berganti pasangan.
    Nah, bagi kalian yang mempunyai pacar yang dengan tanda tangan berwujud 2 titik di bawahnya waspadalah. Bisa saya mereka mempunyai pasangan lain selain kita. Ada juga yang menyebutkan jika tanda tangan orang yang mempunyai titik di bawah nya adalah orang yang mempunyai kepribadian labil dan penuh rasa curiga.
  • Tanda tangan tanpa garis dan titik
    Biasanya, orang yang mempunyai tipe tanda tangan seperti ini malah bergaul dengan orang lain dan hidupnya hanya ingin sendiri.
  • Tanda tangan yang tidak mempunyai persamaan dengan nama
    Tanda tangan tipe seperti ini menandakan orang yang selalu menyembunyikan sesuatu. Mereka adalah pendengar terbaik tetapi jarang berterus terang. Kenapa jarang berterus terang? Karena dari tanda tangannya saja, nama mereka tidak dicantumkan melainkan simbol lainnya.
  • Tanda tangan yang mempunyai persamaan dengan nama
    Orang yang mempunyai tanda tangan dengan tipe seperti ini mempunyai kepribadian yang tidak konsisten. Orang ini gampang sekali dipuji karena mereka memang butuh diperhatikan. Orang ini juga tidak pernah berpikir mana yang baik dan mana yang buruk. Orang ini bisa disebut juga sebagai orang yang tidak pernah berpikir.
  • Tanda tangan yang berdesakan sebelah kiri
    Tipe orang yang mempunyai tanda tangan seperti ini adalah orang yang penakut. Jiika tanda tangan seseorang cenderung berdesakan ke sebelah kanan orang ini adalah orang yang kurang perhatian dan juga ceroboh.
  • Tanda tangan lengkap seperti nama
    Tanda tangan orang seperti ini mencerminkan orang yang gampang menyesuaikan diri. Orang ini mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan sesuatu. Artinya orang yang mempunyai tanda tangan seperti ini adalah orang yang selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu.

Tanda Tangan Orang Penting dan Terkenal

Setelah menelaah beberapa arti tanda tangan beserta kepribadiaanya, kini kita bisa tahu makna apa dibalik sebuah tanda tangan itu sendiri. Melenceng dari pembahasan mengenai arti tanda tangan, mendapatkan tanda tangan dari orang penting dan terkenal adalah hal yang bisa disebut cukup menyenangkan.
Bagaimana tidak, jika kita secara sengaja dan terrencana akan meminta tanda tangan artis dan artis itu ternyata mengabulinya. Hati kita sungguh senang, bukan?
Tanda tangan orang penting memnag penting juga bagi kehidupan beberapa orang. Bagi yang membutuhkan tanda tangan dosen pembimbing, kita harus bekerjaran dengan rencana sibuknya yang seabreg hanya utnuk sekedar tanda tangan. Tidakkah kalian sadari, jika tanda tangan orang penting biasanya tidak bisa terdeteksi.
Tanda tangan mereka biasanya ringan dan malah terkesan abstrak tetapi menarik. Kebanyakan juga, tanda tangan orang yang penting atau orang terkenal terkesan besar dan abstrak.
Tanda tangan yang besar inilah bisa menunjukkan bahwa pribadi seseorang itu ingin menonjolkan diri. Ya, mereka pantas menonjolkan diri karena mereka adalah orang penting dan orang terkenal. Sebenarnya, hidup seseorang tidak hanya dibaca dengan tanda tangannya saja. Karena tanda tangan seseorang bisa dibaca hanya dari sepersekiannya aspek kehidupan. Masih banyak lagi aspek lain yang perlu diketahu lebih dari sekadar membaca tanda tangan seseorang. Semoga bermanfaat.

Serba-serbi Tanda Tangan

Banyak orang hanya asal-asalan saja ketika membuat tanda tangan. Padahal, dari coretan yang satu ini, orang lain bisa melihat secara tidak langsung karakter dan kepribadian pemiliknya. Seperti tulisan tangan kita, coretan tangan ini juga merupakan salah satu alat identifikasi karakter dan kepribadian seseorang.
Dari sebuah coretan, seseorang bisa menilai apakah si pemilik coretan memiliki karakter yang tegas atau lunak. Dalam bahasa Inggris, tanda tangan disebut “signature”, sementara dalam bahasa Latin diberi nama “signare”, keduanya memiliki arti yang cukup singkat, yaitu “tanda”. Sebagian orang Indonesia juga ada yang menyebut coretan jenis ini dengan nama "paraf".
Apa pun sebutannya, tanda tangan merupakan sebuah tulisan tangan yang oleh si pemilik terkadang diberi gaya-gaya tertentu yang berkaitan dengan namanya dan berfungsi sebagai tanda identifikasi seseorang, yang biasanya terdapat dalam sebuah dokumen sebagai bukti dan kemauan dari orang yang bersangkutan. Dalam hal ini, tanda tangan juga sering dinamakan "segel".

Macam-macam Tanda Tangan dan Artinya

Banyak arti yang bisa diamati dari sebuah tanda tangan. Berikut beberapa contoh karakter atau kepribadian seseorang ditinjau dari coretan tangannya.
1. Tanpa Garis atau Titik di Bawahnya
Orang yang memiliki coretan tangan seperti ini biasanya memiliki karakter yang suka dengan dunianya sendiri. Dengan kata lain, dia jarang sekali mau mendengar, apalagi menerima pendapat atau masukan dari orang lain. Dalam tindakan yang lebih nyata, orang seperti ini biasanya agak kikir.
2. Adanya Kemiripan dengan Namanya
Si pemilik coretan tangan seperti ini cenderung tidak konsisten. Ide dan pandangannya biasanya terombang-ambing dengan pendapat orang lain. Terkadang dia pun juga tidak berpikir apakah sesuatu itu baik atau buruk dan selalu berkeinginan untuk menjadi bijak, tetapi jarang bisa berpikir tepat. Orang lain biasanya dengan mudah mengambil hati dari orang ini hanya dengan kata-kata pujian dan semacamnya.
3. Tak Ada Kemiripan dengan Namanya
Berlawanan dengan yang dijelaskan sebelumnya, orang ini cenderung suka menyembunyikan sesuatu alias tidak suka menonjolkan diri. Dia pun biasanya lebih suka menjadi pendengar yang baik dibandingkan berterus terang tentang dirinya sendiri. Sisi baiknya, orang ini sering memberikan perhatian ketika orang lain berbicara tentang sesuatu.
4. Ada Satu Garis di Bawahnya
Orang ini memiliki keyakinan yang tinggi serta kepribadian yang baik dan merupakan orang yang sangat percaya adanya kebahagiaan dalam kehidupan ini. Namun, terkadang juga memiliki sifat kikir.
5. Memiliki Satu Titik di Bawahnya
Coretan ini menunjukkan bahwa si pemilik lebih menyukai sesuatu yang mudah dan klasik. Biasanya, orang ini adalah orang yang memiliki pendirian yang teguh. Ketika ada orang lain yang mengecewakannya, maka ia tidak akan pernah lagi kembali pada orang yang bersangkutan.
6. Memiliki Dua Titik di Bawahnya
Jiwa pemilik coretan ini biasanya sangat romantis. Buruknya, dia mudah sekali bergonta-ganti pasangan, selalu berusaha untuk tampil menarik, dan suka menarik perhatian orang lain. Dia juga menyukai hal-hal yang cantik dan menarik.
7. Model Nama Lengkap
Orang ini biasanya sangat baik hati dan selalu bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan serta orang-orang yang mereka temui. Namun begitu, orang ini juga termasuk orang yang pendiriannya teguh dan sangat kuat mempertahankan sesuatu jika itu memang sudah menjadi pilihannya.
8. Huruf-hurufnya Tidak Bersambung
Orang ini memiliki karakter yang baik, sangat baik hati pada orang lain, dan tidak pernah mementingkan dirinya sendiri dibanding orang lain. Ia rela berkorban apa pun untuk kepentingan orang lain, terutama jika orang tersebut adalah orang yang disayanginya. Buruknya, ketika dihadapkan pada banyak masalah, orang dengan coretan ini cenderung mudah sekali tersinggung.
9. Berukuran Sangat Kecil
Orang yang memiliki tanda tangan dengan ukuran yang sangat kecil menandakan bahwa dia adalah orang yang kurang memiliki rasa percaya diri. Krisis percaya dirinya biasanya akan timbul ketika dia berada di keramaian. Dia selalu menganggap dirinya tidak mampu dibandingkan orang lain dan senantiasa memendam pendapatnya sehingga sering menjadi bulan-bulanan orang-orang di sekitarnya.
10. Memiliki Garis “kembali”
Orang ini cenderung selalu terperangkap dalam masa lalunya, baik itu masa lalu yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.
11. Ada Coretan Garis di Tengah-tengahnya
Orang ini cenderung mudah sekali stres dan memiliki rasa tidak suka dan tidak puas terhadap dirinya sendiri. Kebenciannya terhadap diri sendiri terkadang bisa sangat membahayakan jiwanya sendiri.
12. Model Cakar Ayam
Orang dengan coretan tangan seperti ini biasanya selalu melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa dan lebih cenderung tidak bertanggung jawab. Dia hanya mau memikirkan dirinya sendiri dan tidak mau peduli dengan orang lain.
13. Tersamar
Maksudnya adalah yang tidak menunjukkan nama sama sekali, atau menunjukkan nama, tetapi disembunyikan dengan bulatan-bulatan atau coretan lain. Orang ini cenderung suka membela diri dan sulit berteman karena biasanya sulit membuka diri.

Tips Membuat Tanda Tangan yang Baik

Sebenarnya masih banyak lagi coretan-coretan tangan yang bisa menilai karakter dan kepribadian si pemiliknya. Walaupun penilaian itu bisa benar dan juga tidak, menyikapinya dengan bijaksana dengan membuat tanda tangan yang baik akan menghindarkan penilaian negatef orang terhadap kita. Dan berikut adalah tips-tips membuat coretan tangan yang baik.
1. Usahakan coretan tangan Anda memiliki ukuran yang sedikir lebih besar dari tulisan tangan Anda. Awali 2 atau 3 huruf pertama dengan yang lebih besar, baru kemudian agak mengecil di huruf selanjutnya.
2. Usahakan tidak ada goresan-goresan yang mencoret nama Anda karena arti goresan pada nama adalah membenci diri sendiri sehingga tidak baik untuk dilakukan.
3. Jika ingin membuat garis di bawahnya, usahakan untuk membuatnya dari arah kiri ke kanan. Hindari membuat garis yang "kembali" alias kiri ke kanan, kemudian kembali ke kanan lagi.
4. Tanda tangan orang-orang besar dan sukses biasanya berbentuk miring ke atas. Bolehlah jika Anda ingin menirunya karena ini juga menandakan jiwa yang bersemangat, ramah, dan hangat.
5. Jika ingin menggunakan unsur nama, buatlah yang tegas dan konsisten. Tanda tangan dengan nama yang jelas jauh lebih baik daripada yang menyembunyikan atau menyamarkan nama di dalam coretan tangannya
6. Meskipun coretan tangan cakar ayam adalah hal yang umum digunakan oleh semua orang di dunia ini, jangan pernah membuat model seperti ini. Selain bentuk jelek, orang akan merasa tidak dihargai coretan tangan Anda seperti cakar ayam.
Itulah tanda tangan, dari sesuatu yang kecil, orang bisa menilai seperti apa kepribadian kita. Maka dari itu, selalu berhati-hatilah dengan coretan tangan Anda.
Mengingat hal ini akan Anda pakai seumur hidup, membuat tanda tangan hendaklah benar-benar dipikirkan dengan cermat. Hindari hal-hal yang membuat orang menilai buruk karakter Anda. Setelah menentukan coretan yang tepat, gunakanlah untuk hal-hal yang baik saja. Orang pastinya akan lebih menghargai Anda bukan hanya dari tanda tangan Anda yang bagus, tetapi juga tingkah laku Anda yang terpuji. Selamat menciptakan tanda tangan.
Salam Tokek kesel . . .

Archive

Contact Form

Send